Wahai Tuhanku! Jadikanlah daku orang yang mendirikan sembahyang dan demikianlah juga zuriat keturunanku. Wahai Tuhan kami, perkenankanlah doa permohonanku.

Friday, March 28, 2014

ORANG YANG BANGKRAP!

#Peringatanuntukaku

Kalau aku suka mengumpat, suka menuduh tanpa bukti, suka amik hak orang lain, contohnya barang-barang di opis.. aku akan jd orang yang paling miskin di akhirat nnti! Ingat tu??!!




Orang yang Bangkrap di Hari Kiamat

Ketika hari diri kita dihisab kelak ada orang yang datang dengan amal seperti gunung tihamah. Ia merasa bangga dengan amal kebaikan yang memenuhi  buku catatan amalnya. Dia yakin bahwa ia akan lulus saat dihisab dan masuk kedalam syurga.

Namun  setelah dilakukan hisab dan soal jawab semua amal kebaikannya itu habis digunakan untuk membayar kejahatan dan kedzaliman  yang pernah dilakukannya terhadap orang lain. Hingga semua kebaikannya yang terlihat  seperti gunung itu habis digunakan untuk membayar kezalimannya pada orang lain tersebut. Setelah kebaikannya habis ternyata ia masih mempunyai banyak sangkutan pada orang lainya sedang ia sudah tidak punya amal lagi untuk membayarnya. Akhirnya dosa orang lain itu dikurangi dan ditambahkan pada dosanya. Hasilnya dia datang ketempat penimbangan amal tanpa membawa amal kebaikan sedikitpun

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrap itu?”

Mereka menjawab : “Orang yang bangkrap di kalangan kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak pula memiliki harta/barang.


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang bangkrap dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun ia juga datang dengan membawa dosa kezaliman. Ia pernah mencerca si ini, menuduh tanpa bukti terhadap si itu, memakan harta si anu, menumpahkan darah orang ini dan memukul orang itu. Maka sebagai tebusan atas kezalimannya tersebut, diberikanlah di antara kebaikannya kepada si ini, si anu dan si itu. Hingga apabila kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang didaliminya sementara belum semua kezalimannya tertebus, diambillah kejelekan/kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya, kemudian ia dicampakkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim no. 6522)




No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

klik SINI ye !!